4 Info Penting Untuk Ibu Baru

4 Info Penting Untuk Ibu Baru
Jangan sampai nasihat yang Anda dengar selama ini ternyata hanya mitos belaka.
KAMIS, 10 DESEMBER 2009, 15:15 WIB
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
VIVAnews - Bagi Anda yang baru menjadi ibu untuk pertama kalinya pasti akan banyak nasihat cara merawat bayi, baik dari orang tua maupun teman-teman. Jangan sampai nasihat yang selama ini Anda ikuti ternyata mitos belaka. Agar Anda tidak terjebak mitos, ketahui fakta seputar perawatan bayi.

- Mitos 1 : bayi buang air besar satu kali sehari
Orangtua seringkali bingung jika bayi tidak buang air besar selama lebih dari dua hari. Menurut Andrew Adesman, M.D., dokter anak dari Schneider Children’s Hospital di New York dan penulis buku "2009’s BabyFacts" mengungkapkan, bayi yang baru lahir hingga usia 2 sampai 3 bulan, pergerakan ususnya memang cukup sering tetapi buang air besarnya sangat sedikit yaitu tiga atau empat hari sekali. Jika perutnya sering berbunyi dan ditemukan darah saat bayi buang air besar segera periksakan ke dokter.

- Mitos 2: bayi harus mandi setiap hari
Bayi tidak harus mandi setiap hari. Faktanya mandi menghilangkan pelembab alami yang melindungi kulit bayi, yang malah membuatnya kering dan mudah terkena iritasi. Lalu, mendudukkan bayi perempuan pada bak yang berisi air sabun bisa berisiko menimbulkan infeksi saluran urin. Menurut Adesman bayi sebenarnya bisa mandi dua hingga tiga kali dalam satu minggu jika kebersihan tubuhnya selalu dijaga.

- Mitos 3 : bayi yang cepat berkembang menandakan kepintaran
Saat bayi sudah bisa berjalan lebih cepat dari pada bayi pada umumnya orangtua seringkali merasa bayinya lebih pintar. 

Tapi sebenarnya tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Dalam beberapa kasus perkembangan yang cepat pada bayi, bisa mengindikasikan kecenderungan menggunakan hanya pada satu tangan saja (kanan atau kiri) pada usia 18 bulan. Padahal seharusnya bayi pada usia 18 bulan sudah bisa menggunakan kedua tangannya.

- Mitos 4 : menyentuh kepala bayi yang masih lembek bisa merusak otak bayi

Fontanel atau bagian lembut terletak di depan kepala bayi terlindungi oleh tulang yang terbuka, sehingga denyutannya sering terasa. "Banyak orangtua yang takut menyentuh kepala bayi yang masih lembut karena bisa berdampak negatif pada otak. Padahal, otak terlindungi dengan cukup baik oleh tulang kepala," kata Adesman says. Tulang pada fontanel depan akan tertutup saat bayi berusia satu tahun.

0 komentar:

Posting Komentar